cs.solit@gmail.com

Saturday, November 16, 2013

Operasi Array - PHP

3:52 AM

Share it Please
Kali ini kita akan membahas operasi pada Array, hal ini sangat penting dalam pembuatan website atau sistem informasi berbasis web dengan menggunakan PHP.

Array merupakan tipe data terstruktur yang menyimpan banyak data dengan suatu nama yang sama dan tipe data yang sama serta menempati tempat di memori secara berurutan.

Contoh Array pada PHP:
$arr= array('PHP','ASP,'JAVA');

Teknik yang sering digunakan untuk mendapatkan element-element array yaitu dengan menggunakan looping. Untuk menggunakan looping diperlukan teknik-teknik yang benar supaya operasi looping berjalan dengan lebih efisien. Berikut ini merupakan perbandingan teknik yang kurang efisien dan yang lebih efisien.

// contoh kurang efisien
for ($i=0;$i<count($arr);$i++)
{
    echo $arr[$i].'<br/>';
}

Contoh diatas memang menghasilkan hasil yang diharapkan namun setiap melakukan tahap demi tahap pada looping, kode selalu akan mencari jumlah elemen array ( count($arr)  ) terlebih dahulu. Hal ini akan sangat memboroskan sumber daya. Cara yang lebih efisien yaitu dengan mencari jumlah array terlebih dahulu.

// contoh yang lebih efiisien
$n=count($arr);

for ($i=0;$i<$n;$i++)
{
    echo $arr[$i].'<br/>';
}

Sedangkan untuk kasus array yang menggunakan key string atau nilai key-nya tidak sekuensial dapat menggunakan solusi foreach, contohnya:

$arr=array('PHP' => 'Bahahas PHP',
                 'JAVA' => 'Bahasa JAVA');

foreach($arr as $key => $val)
{
   echo 'Key: '.$key.' value: '.$val.'<br>';
}

0 comments:

Post a Comment