cs.solit@gmail.com

Thursday, November 14, 2013

Mulai Script PHP Sederhana

7:19 AM

Share it Please

Sebelum melangkah lebih jauh dalam mempelajari PHP, sebaiknya kamu sudah mempersiapkan tool apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan PHP.

Berikut tool yang dibutuhkan untuk menjalankan PHP:

  1. Xampp: Perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Xampp sendiri mengandung berbagai perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menjalankan PHP. 
  2. Editor PHP: Program editor yang digunakan untuk menulis script PHP biasanya bisa memakai editor sederhana seperti notepad atau editor yang lebih lengkap seperti dreamweaver. 
  3. Browser: digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web. Contohnya Internet explorer, Crome, Mozilla dll.

Dalam Xampp terdapat: 

  • Apache Web Server: Perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu.
  • PHP: Bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk membikin website dinamis.
  • Database Mysql: Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

Asumsikan teman-teman sudah mendownload Xampp dan menginstallnya. Tempat folder/root yang digunakan untuk menyimpan script PHP berada di .../xampp/htdocs

Mari mulai menulis script PHP dengan editor notepad atau dreamweaver atau editor lainnya yang bisa digunakan. Penulisan dimulai dengan awal tag <?php   dan ditutup dengan tag ?>  sedangkan untuk menampilkan text atau isi sebuah variabel menggunakan  echo '....';

<?php
        $variabel1='Mari belajar PHP'; //-----variabel berisi text 'Mari balajar PHP'
        echo $variabel1;
?>

Tulis script diatas lalu simpan dengan nama tes.php kadalam folder .../xampp/htdocs/
Buka browser IE / Crome / Mozilla lalu ketik : localhost/tes.php
Pastikan Web server Apache sudah jalan dengan melihat Xampp Control Panel.

Hasil: Mari belajar PHP

0 comments:

Post a Comment