cs.solit@gmail.com

Saturday, November 16, 2013

Mengenal Javascript

4:21 AM

Share it Please
JavaScript merupakan sebuah bahasa scripting yang digunakan untuk membuat halaman web yang lebih interaktif. Berbeda dengan PHP yang dijalankan di Server side, JavaScript dijalankan di Client side sehingga tidak membebani server.

Untuk menjalankan javascript diperlukan browser yang sudah mendukung JavaScript, untuk jaman sekarang semua browser sudah mendukung JavaScript bahkan browser-browser yang digunakan di perangkat mobile sekalipun sekarang sudah banyak yang mendukung JavaScript.

Kode JavaScript dituliskan langsung pada halaman HTML. Mari kita lihat contoh penggunaan JavaScript:

<html>
<body>
  Ini text HTML <br>
  <script language="JavaScript" >
      document.write('ini baru text javascript');
  </script>

</body>
</html>

Contoh diatas hanya sebuah gambaran penggunaan JavaScript sederhana. Fungsi JavaScript akan lebih terasa pada saat kita membangun sebuah website yang memerlukan penanganan event handler, timer dan sebagainya. Contoh realnya apabila kita membuka Facebook seringkali kita melihat status baru teman kita yang terisi secara otomatis dalam hitungan menit, hal ini ditanggulangi oleh JavaScript.

Demikian pengenalan JavaScript, semoga semakin tertarik untuk mulai mengenal dan mempelajari JavaScript lebih mendalam dalam membuat suatu website dinamis.

0 comments:

Post a Comment