cs.solit@gmail.com

Thursday, November 14, 2013

Mengenal PHP

7:04 AM

Share it Please
Apa itu PHP? Pasti yang baru belajar dan kenal dengan pemograman tentunya bertanya-tanya tentang PHP.
Baiklah akan kita bahas apa itu PHP.
Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). Yang pertama kali membuat PHP adalah Rasmus Lerdorf tahun 1995. Pada tahun tersebut PHP masih bernama Form Interpreted (FI) yang wujudnya berupa script yang digunakan untuk mengolah data formulir web.
Pada tahun 1997 dirilislah FI 2.0 yang disertakan modul-modul  ekstensi yang meningkatkan kemampuan FI.
Masih pada tahun 1997 perusahaan bernama zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih cepat dan lebih baik. Baru kemudian tahun 1998 dirilislah PHP 3.0 dan namanya diubah menjadi Hypertext Preprocessing (PHP) yang kita kenal sekarang.
Selanjutnya tahun 1999 perusahaan zend kembali merilis PHP 4.0 yang banyak dipakai untuk membangun aplikasi web yang kompleks. Baru tahun 2004 lah dirilis PHP 5.0 yang lebih baik dari versi sebelumnya dengan memasukan model pemograman berorientasi objek.
PHP dapat disisipkan ke dalam HTML. Kita tidak akan membahas lagi apa itu HTML, tapi jika belum tau apa itu HTML silakan baca artikel yang membahas tentang Mengenal HTML.
PHP merupakan pemograman yang berjalan di sisi server atau biasa disebut server side. Tentunya kamu akan bertanya-tanya apa itu itu server side. Untuk mengetahui apa itu server side silakan melihat artikel sebelumnya yang berjudul Client & Server.
Tujuan dibuatnya PHP yaitu untuk membikin website atau aplikasi berbasis web secara dinamis karena pada PHP lah kita membuat script yang berisi logik seperti sebuah pilihan, perulangan, penetapan nilai variabel dan sebagainya. Dengan PHP pula kita bisa berinteraksi dengan data-data yang disimpan dalam sebuah database. Apa itu database? Kamu bisa mempelajarinya pada artikel yang berjudul Mengenal Database.
Untuk menulis script PHP harus didahului dengan tag <?php  atau <?  Dan ditutup dengan tag ?>
Berikut contoh script PHP sederhana yang berisi logik-logik sederhana:
<?php
                $jumlah=4; //---variabel bernama jumlah dengan nilai 4
                If($jumlah>=3) //---- jika nilai dari variabel jumlah lebih besar atau sama dengan 3 tampilkan text dibawah
                {
                                echo ‘Jumlah lebih besar atau sama dengan 3’;
 }
else //---selain itu tampilkan text dibawah ini
{
                echo ‘jumlah lebih kecil dari 3’;
}

?>

Nah demikian pendahuluan untuk mengenal PHP.

0 comments:

Post a Comment