cs.solit@gmail.com

Thursday, November 14, 2013

Client & Server

7:10 AM

Share it Please

Kali ini kita akan membahas sesuatu yang sering disebut-sebut dalam dunia IT terutama dalam dunia internet yaitu Client dan Server.
Apa itu Client dan apa itu Server?? Bagi yang belum mengetahuinnya tentu agak binggung tentang yang satu ini padahal ini sangant penting untuk diketahui pelajar dalam mempelajari IT. 
Saya akan jabarkan secara logika supaya dapat dimengerti.
Client : yang dilayani atau yang meminta layanan.
Server: yang memberikan layanan atau yang melayani.
Bila kita nongkrong di depan laptop buka situs-situs internet atau cari informasi berarti kita sedang meminta layanan untuk dapat melihat situs atau informasi yang kita inginkan. Nah laptop kita sebagai alatnya itu bisa disebut client. Dimanakah servernya yang memberikan kita layanan untuk dapat menikmati web site yang kita inginkan?? Tentunya ada di tempat si pemberi layanan tersebut. Misalnya Yahoo.com ya servernya ada di kantornya yahoo donk, google.com ya servernya ada di kantornya google donk. Berupa apa server itu?? Servernya berupa peralatan komputer berteknologi tinggi bukan seperti PC yang dirumah yang speknya kecil tapi server itu speknya jauh lebih besar karena yang meminta layanan bukan kita saja tapi seluruh orang di dunia, bayangkan kalo spek nya kaya PC di rumah hancur,, dech,, hehe.
Pernah kah kamu pergi ke toko buku seperti gramedia dan menanyakan informasi tentang buku ke customer service yang didepannya ada sebuah komputer untuk mancari buku yang kamu maksud. Nah komputer yang di CS tersebut itu adalah client yang terhubung ke komputer server di kantor gramedianya. Semua datanya disimpan di server biasanya dalam bentuk database, sedangkan komputer client nya hanya bisa menampilkan data-data yang diminta dari server.
Nah Sudah mengerti kan akan konsep client-server.

0 comments:

Post a Comment